Jaringan internet 5G adalah generasi jaringan berikutnya yang hadir untuk konektivitas Internet Mobile. Pada jaringan 5G tersebut menawarkan koneksi dan kecepatan yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya yang telah hadir, yaitu 4G.


Mengkombinasikan antara teknologi jaringan mutakhir dan beberapa penelitian terbaru, jaringan 5G ini kabarnya akan memiliki kecepatan Download yang rata-rata memiliki Speed 1GBps tiap detiknya. Dengan kecepatan internet yang sampai mencapai GBps hal tersebut nampaknya akan menjadi lonjakan terbesar untuk jaringan internet yang ada di Indonesia.

Jaringan 5G ini akan membantu dalam pengembangan dan peningkatan teknologi Internet of Thing, dengan menyediakan Infrastruktur jaringan yang dapat memuat data dengan jumlah yang sangat besar, dan memungkinkan seluruh dunia dapat terhubung dengan internet dengan cepat.

Jika bertanya apakah jaringan 5G ini akan hadir di Indonesia, pastinya jaringan ini akan hadir. Menurut kabar yang sudah beredar, kabarnya jaringan 5G ini akan diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2020 mendatang. 

Untuk saat ini jaringan 5G ternyata sudah hadir di beberapa bagian negara di Benua Amerika, seperti Chicago dan beberapa lokasi lain, karena terbatasnya perangkat yang telah disediakan untuk saat ini. Di Chicago sendiri, jaringan 5G ini telah mencapai kecepatan hingga 1,4 GBps, yang nyatanya jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan 4G.

Tetapi, cakupan wilayah untuk Jaringan 5G yang ada di Chicago ternyata tidak tersebar merata untuk mendapatkan kecepatan tertinggi. Dan banyak orang harus berada di lokasi tertentuk untuk mendapatkan sinyal yang baik agar mendapatkan kecepatan Download yang maksimal.

Sejumlah Smartphone yang telah mengumumkan akan menghadirkan jaringan 5G untuk jaringannya, pada 2019 ini masih sedikit. Dan mungkin akan diperbanyak untuk Smartphone yang akan dirilis tahun depan nanti. 

Diantaranya Smartphone yang telah mengumumkan akan menghadirkan jaringan 5G ini adalah Motorola 5G Moto Mod, Moto Z dengan beberapa tipe tertentu, Samsung Galaxy S10, Oppo Reno 5G, One Plus 7 Pro, Xiaomi Mi Mix 3, Huawei Mate 20 X, LG V50 ThinQ,  dan Samsung Galaxy Note 10 Plus.

Hasil dari kecepatan internet yang dihasilkan oleh jaringan 5G sangatlah bervariasi di berbagai wilayah, operator, dan perangkat. Namun secara keseluruhan, harusnya kecepatan yang dihasilkan oleh jaringan 5G ini jauh lebih cepat melebihi kecepatan jaringan oleh generasi sebelumnya, yaitu 4G.

Demikian itu saja beberapa informasi yang dapat saya berikan kali ini, semoga bermanfaat. Dan ikuti terus SegudangIlmu untuk mendapatkan berbagai informasi menarik yang dapat anda baca setiap waktu.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama