Sebelum masuk ke topik pembahasan, sebenarnya apa sih SEO itu? Kenapa banyak sekali para Blogger yang sangat mendewa-dewakan SEO yang konon katanya bisa meningkatkan trafik pengunjung pada Blog mereka?


Search Engine Optimization atau juga sering biasa disebut dengan SEO ini adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan suatu Blog, yang berguna untuk meningkatkan Rating dari Blog mereka di mesin pencari Google.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan trafik dari suatu Blog, salah satunya yaitu dengan cara SEO Organik dan SEO Non Organik. Suatu website yang memiliki kemampuan untuk berada di halaman pertama pada mesin pencari Google, memiliki tingkat kemungkinan 90% untuk dibuka oleh para pencari artikel di Google.

Maka dari itu, menjadi nomor satu di halaman pencarian Google adalah keinginan yang selalu diinginkan oleh para Blogger di seluruh jagad internet. Lalu apa sih maksud dari SEO Organik dan Non Organik itu? Mari kita simak kelanjutannya lebih lanjut.


SEO Organik vs SEO Non Organik

  • Apa Itu SEO Organik?
SEO Organik adalah teknik yang digunakan untuk menjaring popularitas konten secara alami atau juga dapat diartikan metode untuk meningkatkan rating pada indeks mesin pencari secara alamiah dan wajar.

Contoh dari penerapan dari SEO Organik adalah seperti membuat akun, memposting pernyataan, menjalin jalinan pertemanan dengan Netizen internet, membuat suatu informasi, membuat artikel, dan Sharing Video merupakan banyak contoh dari penerapan teknik SEO Organik.


Beberapa teknik lainnya dalam penerapan teknik SEO Organik adalah seperti membuat konten yang baik, menggunakan Keyword (Kata Kunci) relevan yang sekiranya bisa menarik banyak pengunjung, hingga tukar menukar Backlink antar Blog di Internet. Orang yang menggunakan teknik Organik SEO sering disebut dengan White Hat SEO.

Konten suatu Blog yang dibuat dengan cara SEO Organik, bertujuan untuk meningkatkan trafik dari Blog mereka secara alami. Seturut dengan hal itu, popularitas dari suatu Blog dapat melambung tinggi karena ada Netizen yang benar-benar berminat dan menyukai konten dari Blog tersebut.

Meskipun ada banyak cara alami untuk menghadirkan banyak pengunjung Blog, banyak diantara Blogger yang lebih menyukai cara instan. Beberapa ada yang mengkombinasikan teknik SEO Organik dan SEO Non Organik, yang melahirkan berbagai macam trik yang berguna untuk meningkatkan popularitas Blog dengan lebih cepat.

  • Lantas, Apa Yang Dimaksud Dengan SEO Non Organik?
Berbeda dengan cara SEO Organik, SEO Non Organik umumnya menggunakan cara instan untuk meningkatkan popularitas. Hal ini memang secara efektif dapat meningkatkan rating dalam jangka pendek, tetapi tidak selamanya popularitas dapat dipertahankan. Dan secara umumnya, jika teknik tersebut tidak digunakan secara terus menerus, popularitas akan menurun secara drastis.

Contoh dari SEO Non Organik adalah seperti memasang iklan PPC (Pay Per Click) di media sosial  atau menyewa jasa pihak ketiga untuk melambungkan popularitas. Satu hal yang pasti, menggunakan SEO Non Organik umumnya mahal. Namun pada kenyataannya, SEO Non Organik nyatanya tidak selalu buruk dalam penerapannya. Karena pada kasus tertentu SEO Non Organik dapat menggerek popularitas di tengah persaingan informasi di internet.

Meskipun begitu, teknik SEO Non Organik mencakup trik yang tidak alamiah dengan tidak menggunakan cara mendatangkan trafik secara alami dari Google, dan pada mungkin juga dapat dikategorikan dengan teknik curang. Mereka yang sering menggunakan teknik curang tersebut sering kali disebut dengan Black Hat SEO.

Target dari Black Hat SEO adalah pertumbuhan popularitas supaya cepat teridentifikasi dengan baik di dunia maya dan populer pada mesin pencari. Fokus mereka bukan meningkatkan rating berdasarkan dari sudut pandang Netizen.

Contoh lain dari teknik Black Hat SEO yang ini mungkin sering anda alami. Misalnya adalah ketika anda melakukan pencarian pada halaman mesin pencari Google, dimana akan muncul banyak link yang tertera disana. Dari banyak deretan link yang muncul disitu, salah satunya pasti ada link yang menampilkan judul artikel yang tidak sesuai dengan isi kontennya.

Cara tersebut banyak menggunakan banyak kata kunci (Keyword) yang tidak relevan dengan artikel yang dibuat. Mereka juga menyembunyikan meta tag sehingga tidak terlihat oleh pengguna. Teknik seperti dapat dibilang curang, dan mesin pencari berhak untuk memblokir website dengan konten seperti itu.


Demikian itu saja artikel yang dapat saya buat kali ini, semoga bermanfaat bagi anda semuanya. Ikuti terus Blog ini untuk mendapatkan berbagai informasi yang menarik dan bermanfaat.

2 Komentar

  1. Makasih banyak ilmunya, berguna buat kita yg pemula ini.. boleh diberi sarannya buat blog saya gan.. queentwilight.blogspit.com
    Makasih

    BalasHapus
  2. Makasih banyak ilmunya, berguna buat kita yg pemula ini.. boleh diberi sarannya buat blog saya gan.. queentwilight.blogspot.com
    Makasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama