Pasti terasa menyebalkan sekali nih, bagi kalian yang ingin belajar di rumah maupun sekolah tetapi memiliki rasa kantuk yang sangat berat. Akan menjadi tidak fokus jika kalian belajar dengan rasa kantuk. Yang niatnya tadinya ingin belajar memahami ilmu malah jadinya bermimpi di siang hari.
Apalagi jika anda yang sedang berkendara, akan berbahaya jika anda berkendara kendaraan bermotor maupun mobil dalam keadaan kantuk. Baik bagi pengendara sendiri ataupun orang lain, hal tersebut sangatlah membahayakan.


Walaupun tidur dalam waktu yang lama pada malam hari, tetap saja di siang hari terkadang akan muncul rasa kantuk. Rasa kantuk yang tidak tertahankan, tetapi tetap saja anda tahan akan menyebabkan gejala stres, bosan dan gelisah. Hal tersebut sering dialami oleh orang-orang di sekitar saya sendiri. Tetapi bagaimana sih cara mengatasi rasa kantuk yang sangat tebal itu? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.


6 Tips Cara Atasi Rasa Kantuk Yang Membandel


1. Minum Kopi

Walaupun hanya sekedar meminum kopi, tetapi ternyata hal ini dapat menjadikan tubuh kita menjadi lebih semangat tanpa rasa kantuk. Karena kopi sendiri merupakan minuman yang mengandung kafein. Dan kafein sendiri sangatlah berguna untuk menghindari rasa kantuk.

Terutama untuk orang-orang kantoran, biasanya pada umumnya di kantor terdapat fasilitas yang tersedia untuk minuman berkafein seperti kopi untuk karyawannya sendiri. Hal itu dilakukan agar kayawan kantor tersebut tidak merasa mengantuk ketika bekerja. Pantas saja orang-orang kantoran tersebut mampu bekerja dari pagi sampai sore hari.

2. Mencuci Muka

Cara ampuh yang kedua adalah dengan mencuci muka kita sendiri. Dengan membasuh muka kita dengan air, akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dari sebelumnya. Sudah pasti mata kita akan menjadi lebih segar ketika kita sudah membasuh muka kita.

Untuk anda yang sedang belajar ataupun berpergian, anda dapat mencari sumber air terdekat dan kemudian membasuh muka anda sendiri. Karena hal tersebut dapat memberikan kesegaran dan rasa fokus pada tubuh kita.

3. Mengobrol Dengan Orang Lain

Ada kalanya ketika belajar kita harus beristirahat untuk menghilangkan rasa kantuk kita. Tetapi jika beristirahat saja, biasanya kita akan kebablasan tidur. Nah nah, sepertinya jika dengan beristirahat saja akan membuat kita menjadi lebih lelah dan tidur. Maka dari itu cara ketiga adalah dengan mengobrol dengan orang lain.

Dengan berbagi cerita satu sama lain, hal tersebut ternyata dapat menghilangkan rasa kantuk kita. Karena dengan kita berbicara dapat memberikan sedikit rasa fokus untuk menghilangkan rasa kantuk yang terdapat pada tubuh kita.

4. Mendengarkan Musik

Cara keempat untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan mendengarkan musik sejenak. Tidak heran jika sering mendapat rasa kantuk ketika bekerja. Hal tersebut saya lihat sendiri ketika sedang mengisi bensin di Pom Bensin yang berada di pinggir jalan. Cara karyawan Pom Bensin tersebut untuk menghilangkan rasa kantuk mereka adalah dengan mendengarkan musik.

Dengan kita mendengarkan musik, akan terasa lebih segar pikiran kita saat ini. Karena pikiran yang biasanya diisi dengan hal-hal dalam pekerjaan, akan terasa lebih segar jika kita isi dengan irama musik yang sangatlah dapat kita nikmati.

5. Yakin Pada Diri Sendiri

Cara kelima adalah dengan yakinlah pada diri sendiri untuk tidak kantuk dalam melaksanakan aktivitas. Hal tersebut memang sering jarang kita lakukan, karena terkadang kita tidak yakin pada diri kita sendiri. Dengan kita yakin untuk tidak mengantuk saat beraktivitas, akan memberikan lebih banyak rasa fokus untuk melakukan kegiatan sampai kita selesai melakukan kegiatan tersebut. Dan jangan lupa untuk beristirahat setelah kita beraktivitas, karena istirahat sendiri juga sangatlah penting untuk tubuh kita sendiri.

6. Hindari Begadang Saat Malam

Terutama bagi orang yang suka sekali dengan game online nih, biasanya mereka akan terus mengejar Achievement mereka sampai tercapai dengan waktu yang sangat cepat. Walau sampai malampun jika Achievement mereka belum tercapai akan terus mereka kejar sampai hal tersebut benar-benar tercapai.

Sebenarnya hal tersebut sangatlah tidak baik untuk tubuh kita sendiri. Karena dengan mengurangi jam tidur kita saat malam, akan membuat kita kehilangan rasa fokus pada pagi hari dan bahkan akan membuat kepala kita terasa sedikit pusing karena kurangnya waktu tidur kita saat malam hari.
Oleh karena itu, hindari lah melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat saat malam hari bahkan sampai begadang sampai pagi karena hal tersebut dapat merugikan diri kita sendiri.


Begitulah sekiranya 6 cara atasi rasa kantuk yang dapat saya berikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda pembaca setia blog segudangilmu. Dan ikuti terus artikel yang akan saya update setiap hari di blog ini.



                                                                                                                                             source picture : www.freeimages.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama