Banyak dari kalangan anak muda atau dewasa yang pastinya banyak menghabiskan waktu mereka di malam hari entah itu untuk kesenangan atau untuk bekerja di industri. Mereka menghabiskan waktu mereka hingga menjelang pagi sampai mereka melupakan waktu tidur mereka.

Lalu kapan mereka akan melakukan istirahat mereka dengan tidur? Biasanya mereka akan melakukan tidurnya pada pagi hari setelah mereka selesai dengan aktivitas mereka. Sebenarnya tidur di pagi hari ini memiliki banyak efek yang cukup membahayakan bagi tubuh manusia. Terutama orang-orang yang usianya masih muda.


Salah satu efek buruk dari tidur di pagi hari adalah timbulnya rasa malas yang sangat berkelanjutan. Dan terkadang setelah kita tidur di pagi hari kita akan susah untuk dibangunkan orang lain. Dimana yang seharusnya waktu di pagi hari itu dapat dimanfaatkan untuk olahraga, senam, dan aktivitas baik lainnya malah digunakan orang-orang untuk tidur.

Sebenarnya banyak sekali mengapa orang-orang itu tidak melakukan tidur di malam hari. Diantaranya yaitu mereka sangat susah untuk tidur, shift kerja di malam hari, jaga ronda, bermain game, dan masih banyak lagi. Yang bagian aktivitas bermain game ini yang sebenarnya tidak perlu dilakukan di malam hari. Karena sudah pasti aktivitas tersebut kurang bermanfaat dan seharusnya waktu malam hari itu anda gunakan untuk istirahat tidur saja, bukannya malah begadang sambil main game.

Perlu anda ketahui bahwa udara di pagi hari itu kualitas udaranya lebih baik daripada di siang hari, ataupun sore dan malam hari. 80 % udara yang bersih dan segar berada pada pagi hari, karena pada pagi hari itu masih jarang orang memakai kendaraan atau aktivitas pabrik. Tetapi, apa saja sih sebenarnya dampak buruk efek dari tidur di pagi hari tersebut? Mari kita simak kelanjutannya lebih lanjut.


Efek Buruk Dari Tidur di Pagi Hari

  • Meningkatkan Resiko Sakit Diabetes
Para penderita diabetes biasanya akan merasakan nikmatnya tidur di pagi hari. Entah kenapa mereka akan mudah tidur ketika akan melakukan tidur mereka pada pagi hari. Sebenarnya hal ini sangat tidak bagus bagi mereka, karena mereka sedang memiliki penyakit diabetes.

Banyak sekali pakar kesehatan menyebutkan bahwa tidur pada pagi hari untuk seorang penderita diabetes hanya akan meningkatkan resiko dari sakit diabetes mereka. Kekacauan metabolisme yang berada di dalam tubuh pada pagi hari yang disebabkan oleh aktivitas tidur pada waktu tersebut dapat mengacaukan kadar gula yang ada pada tubuh mereka sehingga meningkatlah resiko dari penyakit diabetes yang dialami mereka.

  • Meningkatkan Resiko Pikun
Kita sebenarnya dilarang oleh Nabi kita untuk tidak tidur pada pagi hari, bukan karena alasan akan ketindihan setan. Hal ini disebabkan oleh cairan serebrosbinal yang harusnya mengalir ke seluruh tubuh, tetapi karena kita hanya tidur di pagi hari cairan tersebut akhirnya hanya akan berhenti di otak kita dan menyebabkan efek diantaran lain yaitu pusing, susah untuk bangun, dan efek yang paling buruk adalah pikun.

Rasulullah Saw. pernah mengatakan, "Jika kita tidur setelah Sholat Subuh akan meningkatkan resiko pikun". Maka dari itu manfaatkalnlah waktu pada pagi hari untuk kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga ataupun senam. Itu juga untuk kebaikan tubuh kita sendiri, bukan untuk tubuh orang lain. Dan juga sebenarnya olahraga itu baik dilakukan pada waktu pagi hari, karena adanya sinar matahari pagi yang dapat membentuk dan memperbaiki tulang yang keropos.

  • Depresi
Hal ini sering dialami oleh orang-orang yang begadang larut malam dan melanjutkan tidurnya pada pagi hari sampai pada siang hari. Orang yang sering kali mendapatkan aktivitas yang sangat kurang menyenangkan pada saat mereka bekerja biasanya mereka akan sedikit mengalami depresi. Tetapi tidak akan terasa karena mereka akan selalu melakukan pekerjaan itu dengan ikhlas.

Tetapi dengan anda yang tidur di pagi hari, akan berakibat merangsang trauma depresi yang ada dalam pikiran kita sehingga akan menyebabkan depresi yang berkelanjutan. Dan juga kurangnya waktu tidur yang seharusnya minimal 7 Jam dalam satu hari akan menyebabkan menurunnya kinerja tubuh anda pada.



Bagi anda yang sering melakukan tidur pada saat pagi hari, segera tinggalkanlah kegiatan buruk tersebut. Karena hanya akan berakibat buruk pada tubuh kita sendiri. Oke sekian saja artikel kali ini, semoga informasi ini akan menjadi bermanfaat bagi anda semuanya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama