Bagaimana mungkin kita tidak merasa jengkel jika Smartphone Android kita tiba-tiba menjadi lemot. Apalagi jika kita sedang asik bermain game, dan tiba-tiba Android kita mendadak macet dan lemotnya yang parah.

Lemotnya pada pembukaan aplikasi atau mungkin pada saat berjalannya aplikasi pada android kita bisa disebabkan banyak hal. Diantaranya adalah memori penuh, cache menumpuk, atau juga kita menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi Android kita. 

Tetapi jika Android kita dibiarkan begitu terus, dan tidak segera anda perbaiki, akan dapat menyebabkan panas pada Android  kita secara berkelanjutan, sehingga dapat menjadikan ponsel Android kita cepat rusak.

Hal seperti ini sangat sering terjadi di kalangan pengguna Android saat ini. Lantas kenapa begitu? Biasanya mereka terlalu memaksakan ponsel Android mereka sendiri. Entah seperti memaksa Android kita untuk digunakan bermain game secara terus menerus, dan bahkan ada yang sampai mereka gunakan untuk bermain game sambil di charger.

Kegiatan seperti itu dapat menyebabkan rusaknya ponsel Android kita walaupun efeknya tidak terjadi secara langsung. Siklus kerusakan pada ponsel Android biasanya dimulai dari Android mulai lemot, terjadinya tegangan panas pada casing ponsel, dan kemudian mati total.

Nah, kemudian bagaimana sih cara menanggulangi hal tersebut? Ponsel mulai lemot memang membuat kita sedikit emosi ketika kita memakainya. Untuk mengatasi ponsel kita yang sering lemot, mari kita simak langkah-langkah dibawah ini untuk menjadikan ponsel kita lancar kembali seperti semula.


Cara Atasi Ponsel Android Lemot

  • Menghapus Cache Pada Android

Hal yang dapat kita lakukan pertama kali adalah dengan menghapus Cache yang tersimpan pada Android kita. Cache ini biasanya berisi sampah yang dihasilkan dari aplikasi yang kita punyai, kemudian menumpuk menjadi banyak dan menjadikan ponsel Android kita menjadi lemot.

Caranya menghapusnya pun sangat mudah, buka pada aplikasi Setting (Pengaturan) pada ponsel Android anda. Kemudian masuklah ke bagian penyimpanan, disitu akan muncul pilihan untuk hapus Cache. Silahkan klik pada bagian hapus Cache tersebut untuk menghapus Cache yang ada di ponsel Android kita.


Atau kita juga dapat menggunakan aplikasi penghapus Cache seperti Clean Master dan sejenisnya. Semuanya sama saja fungsinya untuk menghapus Cache yang berada di dalam Android.



  • Hapus Aplikasi Tidak Terpakai
Memori yang penuh merupakan salah satu penyebab lemotnya kinerja pada ponsel Android. Mungkin kalian mempunyai banyak aplikasi yang terinstal di Android anda. Dan bahkan juga banyak sekali yang mungkin aplikasi tersebut sering tidak anda pakai.

Silahkan hapus aplikasi yang tidak terpakai tersebut untuk mengurangi sesaknya penyimpanan pada Android anda. Biasanya pun banyak sekali aplikasi pabrikan dari Android yang kita miliki tidak begitu berguna untuk kita. Hapus saja aplikasi tersebut, karena memang tidak pernah kita pakai dan hanya akan membuat penuhnya penyimpanan pada ponsel Android kita.

  • Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang
Biasanya nih, kita membuka banyak sekali aplikasi yang berada di Android kita. Dan kemudian setelah kita selesai dengan Aplikasi tersebut,tanpa kita ketahui kita tidak menutup tombol close pada Aplikasi tersebut.

Hal tersebut menyebabkan menumpuknya aplikasi yang berjalan pada Latar Belakang android kita dan tentunya akan menyebabkan ponsel Android kita menjadi sedikit terbebankan. Mungkin bagi Android yang mempunyai RAM yang berukuran besar tidak begitu menjadi masalah, tetapi apa jadinya jika Android kita mempunyai RAM yang berukuran kecil dan menggunakan begitu banyak Aplikasi. Tentunya hal tersebut akan membuat Android anda menjadi lebih lambat dari biasanya.

Cara mudah untuk mengatasi hal ini pun sangat mudah. Yaitu dengan menghapus Recent Apps yang kita pakai setiap kita selesai dengan aplikasi yang kita gunakan. Tombol Recent Apps biasanya terletak di sebelah kiri tombol Home. Silahkan manfaatkan tombol tersebut dengan semestinya, buat apa ada tombol Recent Apps jika tidak pernah kita gunakan dengan baik.



  • Update OS Android
Usangnya OS yang kita gunakan juga dapat menjadikan ponsel kita menjadi lemot. Mungkin sudah banyak OS yang telah muncul pada pembaruan Android anda, dan anda pun tidak menghiraukan hal tersebut. Dengan menggunakan OS yang terbaru biasanya akan menambah performa yang dimiliki oleh Android anda, dan tentunya akan menjadikan ponsel anda menjadi lebih kencang dari biasanya.



  • Ganti Ponsel Baru
Jika keempat cara diatas diatas masih juga belum berhasil, cara terakhir yang paling mujarab adalah dengan mengganti ponsel anda dengan yang baru. Mungkin ponsel yang anda gunakan sekarang sudah menjadi ponsel kuno dan tidak layak pakai, sehingga menjadikan ponsel tersebut menjadi begitu sangat lemot.


Sekian Tips yang dapat saya berikan kali ini, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk berkomentar jika anda mengalami sedikit kesulitan dalam menjalankan langkah-langkah diatas. Ikuti terus blog ini untuk mendapatkan banyak informasi menarik.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama