Jika anda sering aktif di media komunitas Blogger atau apapun semacam itu, pasti anda tidaklah asing dengan istilah Link Do Follow dan No Follow pada Blog. Tetapi sebelum masuk ke pembahasan Do Follow dan No Follow, kita harus memahami tentang apa sih maksud dari Link itu?


Link atau juga bisa anda sebut dengan tautan adalah sebuah acuan untuk dokumen Hypertext yang disusun secara singkat dalam sebuah teks yang mengacu daripada sumber dari dokumen itu. Di dalam Internet, Link juga dapat juga disebut dengan URL (Uniform Resource Locator) yang berguna untuk melokasikan sumber dari Dokumen Hypertext dari Link tersebut.

Sedangkan Internet merupakan suatu kumpulan dari URL / Link yang sangat banyak sehingga membentuk suatu Web Server dan juga Website. Sebagai contoh adalah Google, di dalam Google terdapat banyak sekali Link yang digunakan untuk membentuk suatu Blog dan juga Website, Link tersebut terkoordinasi satu sama lain sehingga saling berhubungan dalam membentuk Website itu.

Link sendiri terdiri dari bermacam-macam jenis, mulai dari Link Aktif, dan Tidak Aktif. Jika menurut istilah yang sering digunakan pada Blogging, terdapat dua jenis Link yang dapat digunakan pada Blog, yaitu Link Do Follow dan No Follow. Tetapi apa sih maksud dari Link Do Follow dan No Follow? Dan apa saja fungsi atau manfaat dari Link Do Follow dan No Follow itu? Mari kita simak lebih lanjut.


Fungsi Link Do Follow dan No Follow

  • Do Follow


Dari katanya saja anda pasti sudah tahu maksud dari Do Follow tersebut. Do Follow tersusun dari kata Do dan Follow, Do yang berarti disini kita akan melakukan sesuatu, dan Follow yang berarti mengikuti. Dapat diartikan bahwa Do Follow adalah melakukan sesuatu yang mengikuti.

Jika diumpamakan pada suatu Blog, misal ada suatu Blog yang mengizinkan suatu tautan Do Follow di kolom komentar. Sebenarnya banyak sekali manfaat dari tautan Link Do Follow yang didapatkan pada suatu Blog. Misalnya ada seseorang yang sengaja menaruh Link dari Blog mereka di kolom komentar pada Blog anda. "Wah mantap sangat bermanfaat sekali artikel ini, jangan lupa juga kunjungi www.daw***.com". 

Sebenarnya ada untung dan rugi dari komentar tersebut karena menautkan Link dari Blog orang itu sendiri. Salah satu keuntungannya adalah Blog tersebut akan dianggap Backlink oleh Google karena dia menaruh Link dari Blog nya tersebut di Blog anda. Dan ruginya adalah turunnya Ranking Blog anda sendiri di Google, yang menyebabkan Blog kita tidak diprioritaskan di Search Engine Google. Jika awalnya artikel dari Blog anda banyak yang berada di halaman pertama pada pencarian Google, maka hal tersebut akan menjadikan turunnya ranking dari halaman pertama tersebut.

Link Do Follow ini sebenarnya tidak hanya berada di kolom komentar saja, namun juga ada pada saat penulisan artikel pada Blog. Anda pasti sering kali menautkan Link dari suatu website orang lain, entah itu untuk penulisan sumber atau hanya sebagai acuan Download suatu software.

Hal tersebut sebenarnya oke oke saja, karena kita menautkan sumber dari suatu tulisan kita. Tetapi apa jadinya jika anda menautkan Link Do Follow pada artikel kita? Yup, efeknya adalah ketika kita men submit artikel kita ke Google Webmaster Tools, secara otomatis Google Webmaster Tools akan mengindex kan 2 Link, yaitu Link pada artikel kita dan Link pada sumber yang kita tautkan pada artikel kita tadi. Sehingga jika sudah terindex, artikel anda tidak akan diprioritaskan di halaman pencarian Search Engine karena artikel anda akan dianggap spam oleh Google karena menautkan Link Do Follow pada saat penulisan artikel.

Jika anda menggunakan Blogspot, pada saat penulisan artikel sebenarnya ada suatu fitur untuk tidak menggunakan Link Do Follow ketika menautkan Link. Caranya pun sangat mudah, yaitu pada saat akan menautkan Link di dalam artikel, pasti akan ada pilihan 'Add 'rel=nofollow' attribute' . Yang berguna untuk menggunakan atribut No Follow ketika pada saat anda menautkan Link. Silahkan Ceklis pada pilihan tersebut untuk menggunakan atribut No Follow ketika anda menautkan Link.



  • No Follow


Dari artinya saja kita pasti sudah tau yang satu ini. Kata No Follow yang berarti tidak ikuti. Artinya kita tidak akan menaruh Link secara No Follow yang berarti kita tidak akan mengindeks kan Link dari Blog orang lain ketika kita mensubmit artikel kita di Google Search Engine.

Sebenarnya banyak sekali keuntungan dan manfaat dari No Follow Links ini, diantaranya adalah :
- Berguna untuk meningkatkan SEO pada Search Engine.
- Meminimalkan Link Spam yang biasanya sering diberi oleh orang tidak dikenal di kolom komentar.
- Trafik Blog lebih stabil.

Jika begitu apakah kita harus berfokus pada Link No Follow saja? Jawabannya tidak, meskipun banyak efek buruk dari Link Do Follow yang saya sebutkan diatas, belum tentu semua efek itu akan menjadi buruk jika anda menggunakannya dengan benar.

Jika Link No Follow dibuat secara alami, hal tersebut dapat meningkatkan Page Rank dari Blog tersebut, tetapi secara perlahan. Memang, Link No Follow sangatlah berguna dalam meningkatkan Ranking dari Blog kita di Search Engine. Tetapi proses peningkatan tersebut sangatlah lama secara perlahan, karena banyak sekali saingan dari Blog lain yang sudah berada di Top pencarian halaman pertama di Google.

Trafik Organik dari Google memanglah sangat penting dalam peningkatan Page Rank dari Blog, karena Trafik tersebut original dari Google, bukan dari sumber lain. Tetapi jika kita memanfaatkan Link Do Follow dengan baik dan benar tentunya juga akan memberikan keuntungan bagi Blog kita juga.

Caranya yaitu dengan cara memberikan Link Do Follow tersebut di Blog kita, tetapi tidak pada bagian artikel yang akan kita buat. Karena artikel tersebut nantinya akan kita index di Google. Jika begitu kita taruh dimana Link Do Follow tersebut? Kita dapat menaruhnya di bagian manapun dari Blog kita, seperti di bagian halaman Widget Home Page atau mana saja. Yang penting tidak pada bagian artikel kita.

Jika begitu apakah memang sangat berguna dalam meningkatkan trafik dari Blog? Jawabannya bisa iya dan tidak, tergantung apakah Blog yang anda tempati tersebut memiliki banyak pengunjung atau tidak. Karena pada saat kita mencari suatu artikel di Google dan sudah ketemu pada suatu Blog. Pasti anda penasaran tentang apa saja isi dari Blog yang kita buka tersebut. Nah ketika Home Page dari Blog itu dibuka, akan ada banyak artikel yang tersedia. Jika anda menempatkan Link Do Follow di lokasi yang strategis pada halaman Home Page itu, pasti orang akan tertarik juga membuka Link dari yang anda cantumkan pada halaman Home Page.

Memang jika kita menggunakan cara tersebut, Trafik yang dihasilkan bukan organik dari Google, melainkan dari sumber Blog yang kita gunakan untuk mempromosikan Blog kita tadi. Tetapi secara perlahan orang akan mengenal Blog kita secara mendalam, dan jika anda mempunyai banyak artikel yang berkualitas, tentunya orang akan sering mengingat Blog anda tersebut. Dan bergantilah mereka akan mencari Blog anda dari halaman Search Engine Google.

Do Follow dan No Follow, sebenarnya kedua jenis Link tersebut memang sangatlah efektif semua dalam meningkatkan jumlah pengunjung pada Blog kita. Tergantung kita saja menggunakannya dengan benar atau tidak. Semuanya akan memiliki efek yang baik jika kita menggunakannya dengan baik dan benar.



Demikian itu saja, beberapa penjelasan yang dapat saya berikan kali ini. Semoga bermanfaat, dan ikuti terus perkembangan dari Blog ini untuk mendapatkan berbagai artikel menarik yang dapat anda baca setiap hari.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama