Bagi kalian yang sering lihat review Game di Youtube, pasti kalian sering sekali melihat adanya spesifikasi System On Screen yang berjalan saat Game itu dimainkan. System On Screen tersebut, biasanya mengacu pada keadaan Sistem yang berjalan pada saat itu juga, entah itu berapa banyak RAM yang terpakai, Temperatur PC, dan masih banyak lagi.


System On Sceen tersebut biasanya sering kali ditampilkan oleh Youtuber yang sedang mereview performa PC mereka dengan cara menjalankan Game berat dan ditampilkanlah System On Screen yang biasanya muncul di bagian atas kiri layar pada PC mereka.

Selain itu, System On Screen juga berguna untuk memonitor System yang anda gunakan ketika anda sedang bermain Game agar tidak kebablasan sampai menjadi Overheat (Kelebihan Panas). Karena dengan System On Screen kita dapat memantau aktivitas yang terjadi pada System di PC kita.

Tetapi bagaimana sih cara memonitor PC kita dengan cara System On Screen tersebut? Mari kita simak lebih lanjut.


Cara Memonitor System di PC Kita Saat Bermain Game

1. Pertama, anda harus mempunyai seperangkat PC, dan juga apikasi MSI AfterBurner yang akan berguna untuk menampilkan System On Screen pada PC kita nanti.
2. MSI AfterBurner sendiri dapat anda cari dan download di Google.
3. Setelah anda download MSI AfterBurner, instal dan buka aplikasi tersebut dengan Run As Administrator supaya tidak force close ketika dipakai untuk bermain Game.
4. Tampilan dari MSI AfterBurner kurang lebihnya adalah seperti pada gambar dibawah ini.


5. Dengan aplikasi tersebut, anda dapat memonitor PC sekaligus Overclocking System yang berguna untuk memacu kecepatan PC anda untuk bermain Game.
6. Untuk mengatur bagian System mana saja yang ingin anda tampilkan pada saat bermain Game, anda dapat mengaturnya melalui Icon Gear yang berada di sebelah Icon Reset.
7. Masuk ke bagian menu Monitoring di sebelah menu General, lalu sesuaikan bagian mana saja yang ingin anda tampilkan saat bermain Game.


8. Selain itu anda juga dapat melakukan Recording Screen dengan aplikasi ini, tanpa harus ribet dengan memasang aplikasi Bandicam.
9. Caranya cukup mudah, silahkan masuk ke bagian menu Screen Recording yang letaknya berada di sebelah menu Screen Capture.
10. Sesuaikan settingan seperti pada gambar dibawah ini.


11. Anda dapat mengatur sendiri tombol untuk Video Capture sesuai dengan keinginan anda.
12. Jika sudah anda atur semuanya, silahkan klik Apply dan Ok untuk menyimpan semua Settingan yang telah anda sesuaikan tadi.
13. Pastikan anda tidak menutup aplikasi MSI AfterBurner agar aplikasi tersebut tetap berjalan untuk memonitoring PC anda saat bermain Game, atau anda juga dapat meminimize aplikasi tersebut agar aplikasi tersebut tetap berjalan di PC anda.


Demikian saja artikel kali ini, semoga bermanfaat. Ikuti terus Segudangilmu untuk mendapatkan berbagai informasi menarik yang dapat anda baca setiap hari.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama