Tidak terasa tahun 2019 ini hampir selesai. Hal tersebut menimbulkan banyak sekali pertanyaan, bagaimanakah resolusi untuk tahun yang akan datang? Mungkin anda adalah salah satu dari banyak orang yang memutuskan untuk menjadi seorang programmer, tetapi merasa sedikit kewalahan karena terbatasnya sumber informasi yang tersedia.

Tetapi, mari kita hadapi hal tersebut. Semua orang yang memasuki dunia pengkodingan ikut untuk alasan yang baik juga. Dunia membutuhkan programmer lebih dari yang sebelumnya pernah ada. Beberapa masalah yang hadir dalam masyarakat nyatanya sekarang dapat diselesaikan hanya dengan beberapa baris kode saja. 

Contohnya seperti masyarakat yang dulu harus pergi ke atm untuk transfer uang, dan nyatanya sekarang mereka dapat transfer uang hanya dengan menggunakan Android saja dari rumah, lebih tepatnya menggunakan Mobile Banking. Dan masih banyak sekali penerapan-penerapan dari koding-koding yang dihasilkan programmer terhadap masyarakat.

Namun, untuk sekarang banyak sekali bahasa pemrograman yang hadir untuk saat ini. Dan beberapa dari bahasa pemrograman tersebut sangatlah diperlukan untuk kebutuhan koding di dunia industri, terutama di perusahaan BUMN. Lalu apa sajakah bahasa pemrograman tersebut? Mari kita simak lebih lanjut.


7 Bahasa Pemrograman Yang Paling Dibutuhkan


  • Python
Jika anda bertanya kepada banyak pakar Developer yang paling ahli di bidangnya, mereka akan memberi tahu bahwa bahasa pemrograman terbaik yang harus dipelajari pertama kali adalah Bahasa Pemrograman Python.


Python sangatlah cepat dan mudah digunakan, dan merupakan bahasa pemrograman yang sering dipakai di Aplikasi Web. Platform favorit seperti Youtube, Instagram, dan Pinterest dibangun menggunakan bahasa pemrograman Python.


Bahasa Pemrograman Python juga merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan teknologi AI (Artificial Intellegence) yang sering disebut sebut sebagai kecerdasan buatan. Terlebih lagi bahasa pemrograman Python ini sangatlah diminati oleh berbagai Startup Teknologi di seluruh dunia.

  • JavaScript
Bahasa pemrograman yang kedua adalah JavaScript. Menurut Stact OverFlow, JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang paling populer di kalangan Developer. Berbagai komponen penting untuk pemrograman Front-End ada di dalam JavaScript. Dan ini membuat kehadiran JavaScript di dunia Internet of Things berkembang dengan sangat cepat dan bahkan dipakai di dalam berbagai pengembangan Game.


Disamping itu, beberapa bahasa pemrograman yang tak terpisahkan oleh JavaScript, yaitu  seperti HTML dan CSS, digunakan untuk membuat situs Web Interaktif. Jika anda ingin masuk ke dunia pengembangan Front End, JavaScript juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari.

  • Java
Java juga merupakan bahasa pemrograman lain yang sangat populer di kalangan Programmer dan berbagai perusahaan besar. Karena stabilitas, presisi dan skalabilitasnya yang tinggi, berbagai perusahaan BUMN telah mengadopsi bahasa pemrograman tersebut. 


Belajar bahasa pemrograman dengan Java pun juga masih relevan dan bagus untuk memulai karir anda sebagai seorang Programmer. Jutaan atau bahkan milyaran pengguna Smartphone Android di berbagai belahan dunia, Java banyak digunakan dalam pengembangan Aplikasi Android tersebut.

  • GO
Bahasa Pemrograman yang satu ini sangatlah unik, karena dikembangkan oleh Google itu sendiri. GO merupakan bahasa pemrograman minimal seperti Python, dan dapat dianggap bahwa GO merupakan sepupu yang efisien dari bahasa pemrograman Python, dan bercampur dengan sedikit bahasa pemrograman C++. 
Bahasa Pemrograman GO ini sangatlah unik, karena menggabungkan aspek terbaik dari pemrograman fungsional dan berorientasi dengan objek. Serta juga dapat menampilkan seperangkat alat pengembangan inbuilt yang berguna.

  • PHP
PHP merupakan bahasa pemrograman yang lahir tepat sebelum adanya Python. Bahasa pengkodean milik PHP ini adalah bahasa pemrograman Back-End. Meskipun JavaScript dan Python lebih populer dibandingkan dengan PHP, masih banyak sekali perusahaan teknologi besar di seluruh dunia yang masih membutuhkan bahasa pemrograman PHP tersebut. 


  • Swift
Sebagian besar dari kalian yang membaca ini pasti sangatlah asing atau bahkan belum pernah mendengar tentang bahasa pemrograman Swift. Tetapi, pasti banyak sekali dari anda yang tahu bahwa banyak sekali aplikasi yang sudah dibangun dan dikembangkan oleh Swift. 


Bahasa pemrograman yang satu ini digunakan untuk membuat aplikasi dalam OS IOS, yaitu aplikasi yang ada pada ponsel iPhone. Bahasa pemrograman ini termasuk bahasa pemrograman yang baru. Bahasanya pun mudah untuk dipelajari dan tentunya memiliki potensi besar untuk berkarir di Industri Teknologi. 

  • C++
Bahasa Pemrograman C++ sebenarnya sudah ada sejak lama, dan masih sering digunakan hingga saat ini. C++ ini dibuat pada tahun 1985, dan tentunya sangat diminati banyak Programmer karena kinerjanya yang sangat tinggi. Berbagai macam Startup dari perusahaan besar pun menggunakan bahasa pemrograman ini, contohnya adalah Amazon dan juga Google Chrome yang dikembangkan dengan C++.
Dari mulai membuat aplikasi untuk GUI (Graphic User Interface) hingga ke dalam Game dengan Grafik 3D, menggunakan bahasa pemrograman C++. Dan bahkan sekarang juga dipakai dalam pengembangan Robotika. 


Jadi gimana nih sudah anda putuskan untuk mau belajar bahasa pemrograman yang mana lebih dahulu? Sebenarnya semua bahasa pemrograman itu mudah, tinggal anda saja yang niat mempelajarinya atau tidak. 

Demikian itu saja untuk informasi yang dapat saya berikan kali ini, semoga bermanfaat. Dan ikuti terus Blog ini untuk mendapatkan berbagai informasi menarik yang dapat anda baca setiap hari.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama