Dalam dunia internet, phishing dikenal juga sebagai aksi penipuan Online yang mencoba mencuri berbagai data penting dari pengguna internet, seperti Username, Password, atau Akun Kartu Kredit. Teknik serangannya dilakukan dengan cara rekayasa sosial, seperti memanfaatkan isu-isu terkini seperti peristiwa, atau juga dapat berbentuk seperti cara mendapatkan uang dengan mudah.



Teknik Phishing ini digunakan untuk mengelabui kita agar mau menyerahkan informasi Pribadi dari akun kita. Phishing biasanya menyebarkan informasi palsunya tersebut melalui sms, email, facebook, dan berbagai media sosial lainnya.

Yang paling parahnya yaitu mereka mengatasnamakan sebuah perusahaan ternama, dimana kita akan mendapatkan link yang jika di klik link tersebut akan mengarahkan kita ke sebuah situs palsu yang mirip dengan situs resmi perusahaan yang bersangkutan. Lalu kita akan diminta untuk memasukkan username dan password serta data-data penting lainnya. Lalu bagaimanakah cara mengetahui dan menghindari Phishing tersebut? Mari kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.


5 Langkah Proteksi Diri Dari Phishing


  • Jangan pernah meng-klik link yang tampak mencurigakan, yang biasanya muncul pada bagian Inbox di email anda atau biasanya ada juga yang menyebarkannya melalui facebook dan sms. Kemungkinan besar link tersebut akan mengarahkan anda ke situs Phishing.
  • Jika ingin login ke situs perbankan anda, daripada meng-klik sebuah link, lebih aman jika anda langsung  ketikkan saja alamat situs bank anda di halaman pencarian Google. Perlu anda ketahui, seorang yang melakukan Phishing sering menyertakan link palsu pada halaman situs Website pribadi mereka untuk mengambil keuntungan dari korban.
  • Periksalah alamat URL yang ada pada browser anda untuk memastikan situs yang anda kunjungi itu benar. Halaman web yang tidak resmi biasanya menggunakan domain gratisan seperti .tk, 000.webhost dan beberapa domain gratisan lainnya. Halaman web phishing biasanya tampil seperti situs resmi, namun sejatinya adalah palsu.
  • URL situs resmi biasanya menggunakan awalan 'HTTPS' dan untuk sebuah situs dari perusahaan besar dan ternama biasanya menggunakan domain .co.id . Untuk lebih meyakinkan bahwa situs yang anda akses adalah situs resmi dari perusahaan, silahkan perhatikan pada sebelah kolom URL pada browser internet anda, apakah  ada Icon Certificated yang dikeluarkan oleh perusahaan penyedia sertifikat SSL (Secure Socket Layer) internasional.
  • Yang terakhir adalah jangan pernah memberikan informasi pribadi anda kepada siapapun. Bank tidak akan pernah menanyakan password atau PIN perbankan anda.

Demikian itu saja beberapa informasi yang dapat saya berikan kali ini, dan terus ikuti Blog ini untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama