Spam pada email adalah aktivitas datangnya email yang datang bertubi-tubi walau kita tidak mengenal pengirim email tersebut. Isi dari spam email yang dikirim pun bermacam-macam, mulai dari promosi produk, penipuan, tawaran untuk bekerja, dan iklan-iklan tidak jelas yang tidak kita inginkan.



Jenis Spam yang sering muncul pada email termasuk ke dalam daftar virus karena dapat disalahgunakan untuk mengirimkan trojan, virus, worm, dan sasaran bagi phishing seperti yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Untuk menghindari Spam pada email, atau minimalnya mengurangi jumlah Spam email yang masuk, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Mari kita perhatikan kelanjutannya dibawah ini.

Cara Jitu Menghindari Spam Email


  • Tidak usah merespon atau bahkan membalas email yang dikirim dari orang yang tidak kita kenal sebelumnya.
  • Waspada akan pengirim Spam email yang menyertakan isi untuk remove, unsubscribe atau sejenisnya ke dalam email. Pengirim email Spam justru akan memberikan informasi bahwa email kita aktif, yang akan berakibat membanjiri Spam Email yang masuk ke kolom Inbox kita.
  • Jangan pernah membuka atau meng-klik link atau situs yang dimasukkan dalam isi email yang mereka kirim, karena biasanya akan berisi tentang link Phishing.
  • Buatlah email berbeda untuk setiap keperluan, seperti contohnya email yang anda gunakan untuk keperluan pribadi, sekolah, ataupun pekerjaan dengan email yang akan kita daftarkan ke sebuah situs yang baru saja kita kenal harusnya berbeda.
  • Hindari memberikan alamat email kita ke sembarang orang, termasuk memasangnya ke situs media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan berbagai media sosial lainnya.
  • Jika tetap harus mencantumkan email di dalam situs yang akan kita daftarkan email, gantilah tan @ dengan [at] agar tidak terbaca oleh program otomatis yang biasanya dibuat oleh para Spammer.
  • Jika menerima email Spam lokal yang berbahasa Indonesia, segera hubungi tim khusus untuk penanggulangan spam Nasional, yaitu melalui email abuse@apiji.or.id .
  • Pasang beberapa Software anti spam pada komputer anda untuk menghindari Spam email.
  • Aktifkan fitur Anti Spam pada email anda, biasanya Gmail, dan Yahoo memiliki fitur Anti Spam tersebut. Atau anda juga dapat menghubungi ISP operator internet anda, karena beberapa ISP terkemuka di Indonesia memiliki fitur Anti Spam yang dapat anda gunakan.
  • Bacalah beberapa informasi terkini tentang perkembangan Spam Email secara Global dan cara penanggulangannya pada situs www.spamhaus.org .

Demikian itu saja beberapa informasi yang dapat saya berikan kali ini, semoga bermanfaat dan ikuti terus Blog ini untuk mendapatkan berbagai informasi menarik.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama