Disaat banyak dari Gamer yang tidak mempunyai konsol Gaming seperti Playstation, XBOX, dan sejenisnya. Banyak sekali Gamer yang ingin memainkan Game kesayangan mereka tetapi dibatasi oleh dana yang mepet, karena harga konsol seperti Playstation, XBOX dan sejenisnya sangatlah mahal, belum lagi per kaset Gamenya yang harganya bisa sampai diatas satu juta.

Solusi dari hal tersebut adalah dengan mengganti keinginan untuk mempunyai konsol Game itu dengan PC Gaming. Walaupun hanya PC, tetapi jika memiliki spesifikasi yang sangat Gahar, tentunya akan berfungsi pula untuk aktivitas Gaming seperti halnya pada beberapa konsol yang saya sebutkan diatas.


Merakit PC Gaming sendiri merupakan hal yang sangat sulit karena harus membutuhkan perencanaan yang baik sekali. Karena kualitas dan performa yang dihasilkan dalam PC Gaming harus membutuhkan hardware yang tepat dan berkualitas. 

Sistem Requirements Game yang dibutuhkan jaman sekarang rata-rata membutuhkan spesifikasi yang lumayan tinggi. Karena semakin tahun berganti, semakin banyak pula hardware baru yang terus diproduksi yang menyebabkan banyak dari Game baru menyesuaikan spesifikasi dari hardware tersebut.

Lalu apa saja tips untuk membeli PC Gaming yang tentunya berkualitas dan dengan harga miring? Mari kita perhatikan beberapa tips yang akan saya berikan kali ini.


Tips Membeli PC Gaming Berkualitas

  • Budget
Tips pertama yang harus kita perhatikan sebelum membeli PC Gaming adalah Budget. Disini berarti adalah Budget berapa yang anda punya saat ini, karena setiap PC Gaming yang dijual memiliki harga yang sangatlah bervariasi. Berikut adalah rentang harga yang dapat anda gunakan untuk membeli PC Gaming dengan spesifikasi tertentu.

- Rentang harga dibawah 10 Juta = PC Gaming Low Spec.
- Rentang harga 10 - 20 Juta = PC Gaming Mid Spec.
- Rentang harga diatas 20 Juta = PC Gaming High Spec.

Jadi jika anda memiliki angan-angan untuk memiliki PC Gaming dengan spesifikasi yang sangatlah tinggi, sebaiknya anda cek dahulu Budget anda sebelum membeli. Karena harga dari hardware yang dimiliki PC Gaming sangatlah bervariasi. 

Contohnya adalah VGA Card, jika anda berkeinginan untuk membeli PC Gaming dengan VGA Card bertipe GTX 1080, tetapi anda memiliki Budget dibawah 10 Juta sebaiknya anda survei dahulu harga dari hardware PC Gaming yang anda inginkan. Karena harga dari VGA GTX 1080 sendiri adalah disekitar 10 Juta keatas.

Tips jika anda memiliki keinginan tersebut sebaiknya anda membeli PC Gaming Low Spec, yang harganya ada dibawah 10 Juta. Lalu jika anda sudah memiliki dana yang lebih, baru anda dapat mengupgrade PC Gaming anda dengan VGA Card yang anda inginkan sejak lama.

Perkembangan dari Grafis Game saat ini pun sangatlah berkembang dengan pesat sekali. Karena dari tahun ke tahun Grafis yang dihadirkan pada Game-game baru selalu lebih baik dari tahun sebelumnya. Sehingga memerlukan VGA Card dengan kualitas yang tinggi agar dapat memainkan Game baru tersebut dengan kualitas Grafis yang maksimal.

  • Processor
Untuk merakit PC Gaming, sebaiknya anda menggunakan Processor minimal diatas 4 Core. Karena banyak sekali Game yang membutuhkan Processor yang tinggi untuk menjalankannya. Seperti contohnya Processor yang sedang populer saat ini adalah G4560. 


Harga dari Processor juga bervariasi, sama halnya dengan harga VGA Card. Tetapi jika dibandingkan dengan VGA Card, rata-rata harga Processor pada PC dijual dengan harga yang lumayan murah. Karena VGA Card menghasilkan Grafis, dan Processor menghasilkan kecepatan. 

  • VGA Card
Seperti yang sudah kita tahu, VGA Card yang saat ini sedang populer adalah VGA Card AMD, dan juga NVDIA. Sebenarnya kedua VGA Card tersebut sangatlah baik dan berkualitas, tergantung saja Generasi ke berapa yang akan anda beli, karena setiap Game memiliki requirements yang berbeda-beda.


Hal yang harus anda perhatikan saat membeli VGA Card diantaranya adalah :
- Generasi.
- Memori Clock.
- Core Clock.
- Garansi.

Itulah beberapa hal yang paling penting dan harus anda perhatikan sebelum membeli VGA Card. Hal yang paling penting dari keempat syarat tersebut adalah Garansi. Karena tanpa adanya Garansi yang berkualitas, VGA Card yang dibeli pun tidak dapat dipercaya, dan jika terjadi kerusakan pada seminggu kemudian kita tidak dapat menukarkannya dengan yang lain. Maka dari itu Garansi adalah hal yang paling penting dari semua syarat yang saya sebutkan diatas.

  • Motherboard
Kemudian tips berikutnya adalah tips untuk membeli Motherboard. Jika anda ingin membeli Motherboard, pastikan terlebih dahulu Motherboard yang akan anda beli itu memiliki Socket yang sesuai dengan Processor yang telah anda sediakan.

Jadi jika anda sudah membeli Processor sebelumnya, lebih baik anda bawa pula Processor tersebut ke Toko Komputer yang ingin anda kunjungi untuk membeli Motherboard. Tunjukkan Processor tersebut ke penjualnya dan pastikan Motherboard yang ingin anda beli bisa dimasuki Processor yang telah anda punyai.

  • Memory RAM
Seperti yang sudah anda tahu, Memory RAM yang beredar saat ini dan sangat populer adalah DDR3 dan DDR4. Jika kalian ingin membeli RAM juga harus anda pastikan cocok dengan Motherboard yang sudah anda beli. Karena setiap Motherboard memiliki tipe Socket RAM yang bervariasi, yaitu DDR3 dan  DDR4.

Untuk ukuran dari RAM itu sendiri, usahakan anda membeli RAM dengan ukuran diatas 8GB. Karena banyak Game jaman sekarang yang memiliki minimal requirements 8GB. Jadi jika anda ingin memainkan Game dengan Smooth, pastikan anda membeli RAM diatas 8GB.

Jika anda membeli RAM dengan tipe diatas 2400 MHZ, belilah Motherboard dengan Chipset yang berawalan dengan huruf Z. Karena jika anda membeli Motherboard selain jenis itu, Memory RAM kalian yang anda beli tidak akan terbaca dengan baik.

  • SSD & HDD
Untuk media penyimpanannya jika anda memiliki Budget terbatas, minimal anda harus membeli HDD dengan kapasitas penyimpanan 1TB. Jadi dengan penyimpanan berjumlah 1TB, anda dapat menyimpan cukup banyak Game untuk anda mainkan.

Tetapi jika anda memiliki Budget yang lebih, anda bisa membeli SSD yang jalannya sudah pasti jauh lebih cepat daripada HDD. Atau anda juga bisa mengkombinasikan antara HDD dan SSD pada satu PC yang sama. SSD dapat anda gunakan sebagai media penyimpanan OS, dan HDD dapat anda gunakan untuk menyimpan file lainnya, baik itu Game, Film, Gambar dan sebagainya.


  • Power Supply
Jika anda sebelumnya sudah membeli Casing dari PC yang baru, kalau bisa anda jangan sampai menggunakan Power Supply bawaan dari Casing. Jadi kalau bisa anda sebaiknya membeli yang baru saja. Usahakan anda membeli Power Supply yang sudah mempunyai sertifikat "80 Plus Certification".

Dan sebagai daya tambahan, sebaiknya anda membeli Power Supply yang bisa menambahkan daya sekitar 50-100 Watt dari daya yang sudah dipakai. Karena suatu saat pasti anda akan mengupgrade BIOS, VGA, atau juga Processor pada PC anda. Proses dari Upgrade BIOS  pada PC pun membutuhkan daya yang lumayan besar, sehingga anda harus sudah menyiapkan daya tambahan. Karena jika pada proses Upgrade tersebut tiba-tiba daya pada PC mati, bisa saja dapat menyebabkan kerusakan serius pada PC anda.

  • Casing
Tips untuk casing yang akan anda beli adalah pastikan casing yang akan anda beli memiliki tempat untuk manajemen kabel. Kemudian carilah casing yang mempunyai sirkulasi udara yang cukup baik, dan juga memiliki tempat untuk menambahkan beberapa FAN tambahan. 

Karena pada saat anda mulai melakukan aktivitas Gaming, sudah pasti akan muncul suhu panas dari dalam PC. Dan juga pastikan Casing yang akan anda beli itu cocok untuk Motherboard yang akan anda pasangkan.

  • FAN
Tips yang terakhir adalah tips pada penggunaan FAN. Usahakan anda membeli FAN yang baik dan berkualitas karena untuk menjaga lancarnya sirkulasi udara yang ada dalam PC kalian dan tentunya agar tidak cepat panas, karena sudah pasti aktivitas Gaming yang dilakukan di PC akan menghasilkan panas yang lebih. 


Kemudian yang paling penting dari semua itu adalah RGB. Siapa yang tidak ingin PC nya memiliki layar monitor RGB agar terlihat lebih keren. Tetapi sebenarnya hal itu salah besar, karena RGB sebenarnya tidak begitu perlu dibutuhkan, dikarenakan Layar Monitor LCD pun sudah bisa anda gunakan untuk bermain Game dengan baik.

Banyak orang yang terlena akan keindahan yang dihasilkan RGB. Dan terjerumuslah mereka untuk membeli layar monitor RGB yang harganya sangatlah mahal untuk saat ini. Belilah sparepart PC sesuai dengan kebutuhan anda, dan pastikan anda membeli yang diperlukan saja, karena membeli RGB sebenarnya tidak begitu diperlukan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama