Yogyakarta merupakan salah satu Kota yang besar dan sangat istimewa. Banyak para wisatawan baik itu Lokal ataupun Mancanegara yang memilih Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata. Jika anda ingin berkunjung ke Yogyakarta, anda perlu menyiapkan terlebih dahulu destinasi tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi.

Lalu mana sajakah tempat wisata di Yogyakarta yang sangat populer dan tentunya cocok untuk dikunjungi? Mari kita simak kelanjutannya dibawah ini.

7 Tempat Wisata di Yogyakarta Terbaik dan Istimewa


  • Candi Prambanan
Lokasi wisata pertama yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi Wisata di Yogyakarta adalah Candi Prambanan. Candi yang satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia, dan juga bangunan Candi ini memiliki banyak mitos yang melegenda. Kemegahan dari Candi Prambanan ini juga dapat membuat semua orang terpesona saat melihatnya. 


Lokasi pada Candi ini tepatnya berada di Wilayah Kabupaten Sleman. Candi ini terkadang juga sering disebut Candi Roro Jonggrang dengan berbagai Legenda yang sangat penuh makna. Selain itu, Candi Prambanan ini juga sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. 

  • Candi Sewu
Tempat wisata yang kedua adalah Candi sewu. Candi yang satu ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang populer, dan tentunya sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Jarak antara Candi Sewu dan Candi Prambanan sangatlah dekat. Anda dapat menjangkaunya dengan berjalan kaki selama 15 menit dari Candi Prambanan. Disana anda dapat menikmati keindahan Candi ini sambil beristirahat dan juga makan siang. 


Nama Candi Sewu ini menggambarkan jika disana ada banyak sekali Candi walaupun jumlahnya tidak sampai seribu. Sama juga seperti Lawang Sewu yang memiliki nama Sewu, artinya berjumlah seribu, tetapi aslinya juga tidak sampai seribu. Hanya saja terdapat dalam jumlah yang banyak. Jika dihitung dengan baik, jumlah Candi yang ada di Candi Sewu ini kurang lebih ada sekitar 300-400 Candi yang ada disana. 

  • Malioboro
Bagi para wisatawan yang sudah sangat sering berkunjung ke Yogyakarta, tidak akan terasa berkesan jika belum berkunjung ke Jalan Malioboro. Tempat yang satu ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan dan juga pusat oleh-oleh yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat dan juga para wisatawan.


Jika anda berkeinginan untuk membawa pulang oleh-oleh, alangkah baiknya untuk mampir ke Jalan Malioboro. Di sepanjang Jalan Malioboro, anda dapat menikmati banyak taman yang ada disana serta tatanan Kota yang sangat cantik sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat berfoto-foto.

  • Gunung Merapi
Keindahan pada Kota Yogyakarta semakin menjadi istimewa degan adanya Gunung Merapi. Walaupun Gunung ini beberapa kali sering mengalami letusan, tetapi keindahannya tetap saja cocok untuk kita nikmati. 

Jika anda ingin berwisata ke Gunung Merapi, anda dapat datang ke Kali Adem. Tempat ini menjadi tempat eksotis dan juga populer yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Disana anda dapat melihat bekas atau sisa letusan dengan nuansa alam yang sangat istimewa. 


Anda dapat naik sampai ke puncak Gunung Merapi dengan menggunakan Mobil Jeep yang disewakan disana. Jadi selain anda dapat merasakan keindahan Gunung Merapi, anda juga akan dapat merasakan wahana Ekstrim karena menggunakan Mobil Jeep Offroad yang akan melewati jalan yang tentunya Ekstrim pula.

  • Taman Sari
Di Yogyakarta ada banyak sekali tempat bersejarah yang sangat menarik, salah satunya adalah Taman Sari. Taman Sari adalah Taman Istana Kerajaan Jogja, bangunannya hingga saat ini masih ada. Kesan yang didapatkan dari mengunjungi Taman Sari ini adalah Kesan yang Klasik dan juga Dramatis.


Pada bagian tengah Taman terdapat kolam yang konon dulunya sering digunakan mandi Permaisuri Raja. Tempat ini sering dijadikan tempat berkunjung para wisatawan dan juga cocok untuk digunakan sebagai Spot Foto.

  • Pantai Nglambor
Walaupun di Yogyakarta lebih sering dikenal dengan adanya Pantai Parangtritis, ada 1 Pantai lagi yang tidak kalah menarik, yaitu adalah Pantai Nglambor. Kualitas air yang ada pada Pantai yang satu ini tentunya sangatlah bening dan bersih.


Selain itu pada Pantai yang satu ini juga terdapat Laguna air yang sangat tenang. Ada juga Wahana Wisata yang disediakan pada tempat yang satu ini, yaitu wahana wisata Snorkling. Kekayaan alam yang indah, dan bertempat pada Pantai yang satu ini dapat anda nikmati dengan Wahana Snorkling. Dengan menyelam ke dalam air, anda dapat melihat banyak sekali tumbuhan dan habitat laut yang belum tercemar.

Wahana yang lainnya adalah adanya Pulau kecil yang ada di seberang pantai, yang anda bisa datangi dengan menyeberang melewati jembatan tali yang disediakan disana. Dengan wahana seperti itu anda dapat menguji keberanian anda, apakah anda berani menyeberang dengan jembatan tali atau tidak. Dan tentunya wahana tersebut sudah dipastikan aman 100%.

  • Hutan Mangrove Kulon Progo
Selain tempat wisata candi dan pantai, di Yogyakarta ada satu tempat lagi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Hutan Mangrove Kulon Progo. Tempat ini dinamakan Hutan Mangrove Kulon Progo.


Jika anda belum berkunjung ke pantai di Yogyakarta sama sekali, tempat yang satu ini juga sangatlah cocok untuk dikunjungi. Karena pada Hutan Mangrove Kulon Progo ini menyajikan suasana pinggir pantai dengan berbagai pohon tembakau yang akarnya selalu terlihat membentang, sehingga cocok untuk dinikmati bagi para wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini. 

Hijaunya dari Hutan Mangrove yang satu ini membentang dari aliran Sungai Bogowonto dan anak Sungai Bogowonto. Selain itu ada juga Spot Foto yang sangat menarik untuk kita gunakan, yaitu adalah Jembatan Api-Api. Nama Api-Api ini merujuk pada jenis Mangrove yang ada pada Hutan Mangrove Kulon Progo tersebut, yaitu Aviecennia Germinans ataua juga sering dikenal dengan jenis Api-api.


Demikian itu saja 7 Rekomendasi Wisata Yang Ada di Jogja yang dapat saya rangkum kali ini, semoga bermanfaat. Dan ikuti terus Blog ini untuk mendapatkan berbagai informasi menarik yang dapat anda baca setiap hari.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama