Banyak sekali Blogger yang sudah membeli sebuah domain dan juga sudah memasangkannya pada Blog mereka, tetapi mereka bingung tentang Niche apa yang akan diisi pada Blog mereka. Di dalam kebingungan mereka, banyak yang berfikir untuk membuat Blog dengan Niche berita. Tetapi sudah pasti jika membuat Blog dengan Niche berita saingannya pasti akan sangat ketat. Dan sudah pasti di halaman pertama akan dikuasai oleh website sekelas Kompas, dan Tribun.

Dan akhirnya mereka pun memutuskan untuk membuat konten pada Blog dengan Niche campuran. Baik itu membahas tentang masalah kehidupan, kesehatan, teknologi dan sebagainya. Blog seperti itu sering kali disebut dengan Blog Niche Gado-gado.

Tetapi beberapa hari yang lalu saya menemukan beberapa fakta menarik tentang seputar Niche pada Blog. Fakta tersebut adalah Blog dengan Niche yang bertema tentang satu topik, ternyata lebih menguntungkan dan mendatangkan lebih banyak pengunjung daripada Blog dengan topik yang campur-campur. Kenapa bisa begitu? Mari kita simak kelanjutannya dibawah ini.


6 Alasan Kenapa Blog Dengan Satu Niche Lebih Menguntungkan Dibandingkan Dengan Blog Gado-Gado

  • Menjadi Spesialis Pada Bidangnya
Memiliki Blog berdasarkan topik khusus secara konsisten pada gilirannya juga akan membuat anda dipandang sebagai sumber informasi yang kredibel dan terpercaya di bidang yang anda pilih. Jika saatnya tiba, anda bisa menjadi "Tempat bertanya yang tepat" di Niche Blog yang anda sudah pilih dan menjadi "Trusted Blog" untuk Niche pada Blog anda.



  • Memikat Pembaca Setia
Satu Niche pada Blog lebih berpotensi melahirkan pembaca-pembaca setia karena ketika seseorang mengunjungi sebuah Blog dengan satu topik tertentu, ia akan segera tahu bahwa ia akan mendapatkan informasi yang benar-benar dia butuhkan dan sukai. Semakin setia pembaca Blog anda, semakin besar kepercayaan yang diberikan kepada anda, dan pada gilirannya, semakin besar pula peluang monetisasi Blog yang bisa anda lakukan.


  • Membangun Komunitas
Orang suka berkumpul dengan orang lain yang memiliki minat yang sama. Seringkali para pembaca sebuah niche pada Blog tidak sekadar ingin membaca artikel yang anda tulis. Namun juga untuk bertemu dan berinteraksi dengan pembaca lain yang memiliki minat yang sama. Inilah cikal bakal komunitas yang sangat berharga untuk meningkatkan kredibilitas Blog anda.


Beberapa Blogger yang memahami benar kekuatan jaringan bahkan mampu membangun jaringan sendiri pada Blog, bahkan dengan Niche yang sama dan mampu menarik lebih banyak pemasang iklan di berbagai Blog yang bergabung dalam jaringan Blog tersebut.

  • Menarik Iklan Kontekstual Google Adsense
Seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya, bahwa Blog dengan iklan kontekstual lebih banyak mendatangkan pengunjung untuk membuka iklan tersebut, karena iklan tersebut sesuai dengan topik yang anda buat pada Blog anda. 


Berbagai program iklan Kontekstual memberikan peluang jauh lebih baik apabila Blog anda memiliki topik spesifik tertentu. Jika anda belum tahu tentang Iklan Kontekstual, yang dimaksud dengan Iklan Kontekstual disini adalah jenis iklan yang akan menyesuaikan diri dengan konten Blog yang anda kelola. Semakin spesifik dan relevan iklan yang muncul, semakin besar pula peluang iklan tersebut diklik oleh pengunjung Blog anda.
  • SEO Friendly
Sudah sangat disadari bahwa Google Search Engine dan kebanyakan mesin pencari yang lain lebih menyukai Blog dengan topik khusus, tertentu, dan relevan yang berhubungan satu sama lain. Dengan membuat satu Niche pada Blog, secara tidak langsung anda telah melakukan sebagian teknik Optimasi mesin pencari yang cukup penting. Hasilnya, tentu saja ranking Blog anda akan relatif tinggi di mesin pencari Google.


  • Lebih Banyak Ide Artikel
Dengan topik yang lebih spesifik, anda bisa memfokuskan diri hanya untuk topik tersebut dan mengeksplorasi ide-ide untuk Blog anda secara lebih mendalam. Sebagai hasilnya, lebih banyak artikel yang bisa anda tulis untuk Blog anda sendiri.


Kenapa bisa begitu? Karena anda sudah faham dengan topik yang anda buat khusus pada Blog anda, tentunya anda faham akan konten yang akan anda buat selanjutnya. Baik itu masalah, cara mengatasi, ataupun saran, hal tersebut akan muncul saja terlintas pada fikiran anda karena Niche pada Blog anda itu sudah anda fahami secara detail dan mendalam.


Bagaimana, sudah bisa menentukan Niche yang akan anda buat pada Blog anda? Jika sudah, silahkan anda buat berbagai macam artikel sesuai dengan Niche yang telah anda tentukan pada Blog anda.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama