Istilah yang satu ini pasti tidaklah asing di kalangan blogger-blogger Indonesia, yaitu Backlink. Link kembali atau lebih sering disebut dengan Backlink ini dapat diartikan dengan Inbound Link, In Link, dan Link masuk. Lebih mudahnya Backlink merupakan tautan atau link dari blog anda yang masuk pada suatu website yang memiliki traffik lebih besar dari blog anda sendiri.

Banyak sekali website besar yang telah lahir di Indonesia, tetapi tidak dari semua website yang telah besar itu mau menerima Backlink dari blog lain. Keuntungan dari Backlink ini sendiri adalah website anda akan lebih dikenal dengan orang, dan tentunya akan meningkatkan jumlah pengunjung atau traffik dari blog anda yang sebelumnya mungkin masih memiliki traffik yang rendah.

Tetapi sebelum anda mencari Backlink dari suatu website, pastikan website tersebut sesuai dengan kategori yang sama pada website yang anda miliki. Misalnya anda memiliki website yang berisikan tentang hal-hal yang membahas dunia pendidikan. Untuk website seperti itu, seharusnya anda juga mencari Backlink dari website yang membahas tentang hal pendidikan juga, bukan malah ke website lain seperti website penjualan, atau malah ke website download.

Banyak sekali Backlink yang berkualitas dan tentunya dapat meningkatkan traffik dari blog anda. Jika anda memilih Backlink yang tepat dan berkualitas, tentunya hal ini akan meningkatkan traffik dari blog anda sebesar 75%. Dan tepat sekali karena disini saya akan memberikan beberapa referensi Backlink yang sangat cocok untuk anda gunakan meningkatkan traffik pada blog anda. Apa saja sih referensinya? Mari kita simak lebih lanjut.


5 Sumber Backlink Terpercaya dan Berkualitas


  • Viva
Yang satu ini pasti tidaklah asing bagi anda yang sering menjelajah di Internet. Website yang satu ini adalah website tentang berita yang aktual, dan juga telah membuka sebuah fitur bagi anda yang ingin menulis berita di website mereka. Tentunya sebelum dikirim ke publik mereka akan terlebih dahulu memverifikasi apakah tulisan anda cocok untuk ditayangkan ke publik atau tidak.

Sama juga seperti dalam hal Backlink, mereka akan terlebih dahulu mengecek semua isi dari Blog yang anda punyai apakah blog anda tersebut cocok untuk ditayangkan di halaman website Viva atau tidak. Dan juga pada isi blog, biasanya akan memilih dengan ketat konten apa saja yang akan ingin mereka jadikan Backlink di website mereka. Karena jika anda memiliki artikel Copy Paste di blog lain sudah pasti mereka tidak akan menampilkan blog anda sebagai Backlink di situs mereka.

Bagi anda yang ingin mendaftarkan blog anda sebagai Backlink di website Viva pun sangatlah mudah. Mari perhatikan langkah-langkahnya dibawah ini.
1. Buka terlebih dahulu website Viva.
2. Silahkan anda membuat akun terlebih dahulu untuk anda gunakan sebagai login anda di website tersebut, atau jika anda sudah mempunyai akun silahkan langsung login saja di halaman login.
3. Setelah terbuka, pilih pada bagian V-Log, dan akan muncul disana kode iframe dibagian Kirim Blog. Silahkan anda copy kode tersebut dan masukkan pada blog anda.


4. Jika sudah anda masukkan kode iframe tadi ke blog anda, silahkan anda pilih pada bagian Kirim Blog.
5. Akan muncul beberapa form isian yang untuk anda isikan identitas pada blog anda, dan pada bagian file silahkan isi dengan Screenshot dari Home Page blog anda atau juga bisa anda isi dengan gambar lain yang berhubungan dengan blog anda.
5. Jika sudah klik kirim, dan tunggu sampai anda mendapat email konfirmasi acc dari Viva. Biasanya memerlukan waktu kurang lebih sekitar seminggu.

  • Twitter
Walaupun yang satu ini adalah Social Media, tetapi jika digunakan dengan baik akan menjadi Backlink yang baik loh. Kenyataannya banyak sekali orang yang menggunakan Twitter untuk mempromosikan blog mereka sendiri disana. Dan juga cukup mudah sekali untuk menarik pengunjung ke dalam tautan link yang kita kirim agar membuka blog anda sendiri.

Sistem dari Twitter pun sangat unik, dan begitu berbeda dari Social Media yang lain. Di Twitter kita dapat menggunakan Hashtag untuk meramaikan postingan kita. Karena Hashtag sendiri di Twitter menjadi acuan untuk Trendingnya suatu post.

Sebagai contohnya adalah salah satu postingan dari blog saya yang saya share ke artikel ini. Disini saya membuat postingan di Twitter dengan mencantumkan link dari postingan blog saya dan juga Hashtag yang saat itu sedang menjadi Trending Topik di Twitter. Anda tinggal sesuaikan saja postingan apa yang cocok dengan Trending Topik yang cocok dengan artikel yang ingin anda bagikan ke Twitter. Karena Trending Topik di Twitter berubah-ubah setiap jam nya.





  • Facebook
Media Social yang satu ini tentunya juga dapat kita gunakan sebagai Backlink dari blog kita. Karena Facebook juga merupakan Media yang cukup besar, dan banyak juga orang yang menggunakannya untuk berjualan, promosi, dan masih banyak lagi.

Caranya pun juga sangat mudah, anda tinggal menambahkan teman sebanyak-banyaknya lalu bagikanlah artikel anda disitu. Atau anda juga bisa bergabung ke suatu grup yang memang sesuai dengan pembahasan artikel yang akan anda bagikan itu. Aktivitas klik dari Facebook pun juga cukup banyak jika anda memanfaatkannya dengan baik dan benar.

  • Pinterest
Yang satu ini merupakan media Social berbasis gambar yang digunakan untuk meramaikan banyak postingan yang digunakan di Media Social tersebut. Banyak sekali orang yang membagikan gambar mereka disitu dan tentunya banyak juga respon dari orang-orang lain disitu, karena pengguna dari Pinterest tidak sedikit, dan tentunya sangat banyak.

Karena di sebagian Smartphone Android, Pinterest merupakan aplikasi default yang memang sengaja sudah diinstal dari pabrikannya sendiri. Tentunya hal tersebut membuat orang ingin mendaftar dan mengetahui tentang apa itu sih Pinterest. Hal tersebut dapat anda manfaatkan sebagai Backlink dari blog anda dengan membuat gambar yang bagus dan disertakan dengan nama dan link dari Blog anda sendiri.

  • Kaskus
Kaskus merupakan situs komunitas berbagi yang juga banyak juga pengguna yang bergabung ke dalam situs tersebut. Banyak orang yang membahas dan memecahkan suatu masalah yang mereka miliki di dalam situs Kaskus ini. Dan juga sekarang ada juga fitur untuk jual beli barang bekas juga yang dapat anda gunakan di Situs Kaskus.

Dengan memanfaatkan pembahasan yang sedang ada di situs Kaskus tersebut, anda dapat membagikan link dari Blog anda yang ingin anda bagikan artikelnya. Karena jika sesuai dengan apa yang sedang dibahas oleh orang-orang disitu sudah pasti akan memancing banyak orang untuk masuk ke blog anda tersebut.


Oke, itu saja 5 referensi Backlink yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang anda miliki di blog anda sendiri. Terus ikuti blog ini untuk mendapatkan sejumlah informasi menarik yang tidak dimiliki oleh orang lain :)

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama