Sebelum memasuki topik, sebenarnya apa sih Sitelink itu? Sitelink atau sering disebut dengan Peta Situs merupakan kumpulan link yang terkumpul dari Website anda yang muncul secara otomatis ketika kita mencari nama Website kita di halaman pencarian Google. Sebagai contohnya adalah seperti pada yang sudah ada pada Situs saya berikut ini.



Kumpulan link yang berada tepat setelah pada Judul dan Deskripsi dari situs saya tersebut adalah Sitelink. Fungsi dari Sitelink sendiri sebenarnya adalah agar dapat menonjolkan suatu artikel yang layaknya agar dapat dibaca oleh pengunjung dengan mudah. 

Lantas bagaimana sih cara mendapatkan Sitelink dari Google tersebut? Jawabannya sangat simpel, yaitu tidak ada yang tahu. Karena Sitelink sendiri bahwasanya adalah hadiah dari Google itu sendiri. Untuk syarat dan kriterianya pun tidak ada yang tahu, hanya Google yang menentukan. Dan disini saya hanya akan membagikan pengalaman tentang cara mendapatkan Sitelink pada Blog saya ini dari Google.

Bisa dibilang dalam proses mendapatkan Sitelink dari Google yang ada pada Blog saya ini cukup mudah. Yaitu hanya dalam tenggang waktu Satu bulan kurang lebihnya. Dan untuk Sitelink yang muncul pada Blog saya pun disusun secara acak, dan tidak dapat diatur artikel mana saja yang akan dijadikan Sitelink.

Seperti yang sudah saya tampilkan pada gambar diatas, Sitelink ini akan muncul dalam jumlah dan postingan yang random. Dan tentunya akan berubah-ubah seiring dengan Updatenya artikel yang kita publikasikan setiap harinya. Berikut adalah pengalaman saya untuk mendapatkan Sitelink dari Google dalam Jangka Waktu Satu Bulan saja.


Pengalaman Mendapatkan Sitelink Dari Google

Blog saya ini sendiri resmi saya buat pada kira-kira bulan Juli 2019 lalu, tepat selang beberapa minggu setelah lebaran. Karena saat itu sudah ada sedikit uang, lantas saya langsung saja membelikannya dengan domain Dot Com dari Rumahweb. Saya sendiri memakai Blogspot, karena terbatasnya uang yang ada. Dan jika sudah ada uang yang lumayan, saya sendiri berencana untuk memakai Self Hosting dengan Wordpress.


Setelah saya pasang domain saya pada akun Blogspot yang sudah saya daftarkan. Artikel pun saya buat dengan rajin, setiap harinya. Dan tentunya setelah mempublikasikan artikel, saya langsung Submit artikel tersebut ke Google Webmaster Tools. 

Mungkin kunci dari mendapatkan Sitelink itu sendiri adalah Google Webmaster Tools. Karena setelah saya mendaftarkan Blog saya ke Google Webmaster Tools, Sitelink tersebut bermunculan satu per satu setiap harinya. Dan poin yang paling penting setelah mendaftar Google Webmaster Tools adalah, jangan lupa untuk Submit Sitemap otomatis pada bagian yang disediakan. Karena hal tersebut juga membantu untuk peningkatan jumlah artikel yang akan menjadi Sitelink di Google tersebut.

Hal selanjutnya yang lebih penting selain Submit artikel ke Google Webmaster Tools adalah, tetaplah Update artikel pada 30 hari itu setiap harinya minimal satu kali. Semakin sering anda mempublikasikan artikel setiap hari, lebih terdukung pula untuk munculnya Sitemap pada Situs anda ketika dicari melalui Halaman Pencarian Google.

Setelah saya melihat banyak Blog yang ada di Google, saya fikir memasang Domain sendiri untuk situs kita juga dapat membantu untuk mendapatkan hadiah Sitelink dari Google. Karena mungkin jika memiliki domain sendiri akan lebih sedikit terlihat Professional, ketimbang memakai Sub Domain dari Blogspot.

Begitulah sekiranya pengalaman saya ketika mendapatkan Sitelink dari Google. Jika dibilang sulit, saya katakan sih tidak terlalu sulit. Karena mau Domain apapun, baik Domain yang anda pakai tersebut adalah Domain gratisan dari Freenom seperti dot Tk, dan sebagainya saya kira sama saja, karena diperlakukan sama oleh Google.

Yang terpenting adalah update artikel setiap hari akan lebih membantu terindeksnya Sitelink kita di halaman pencarian Google. Demikian itu saja beberapa informasi yang dapat saya berikan kali ini, semoga bermanfaat. Dan ikuti terus Blog ini untuk mendapatkan berbagai informasi menarik yang dapat anda baca setiap hari.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama