Sebagai pekerja lepas ataupun mahasiswa akan terasa jika kita menghitung-hitung pengeluaran dan pemasukan per bulan terasa kurang cukup, atau bahkan malah tidak cukup. Belum juga untuk bayar uang kos, makan tiap hari, dan kebutuhan sehari-hari, pasti akan membutuhkan biaya yang lebih.
Untuk mendapatkan penghasilan sampingan itu mempunyai banyak cara. Salah satunya yaitu dengan membuat usaha-usaha kecil-kecilan, sebagai sampingan dari main activity atau aktivitas utama anda.
Terlebih lagi untuk kalian bagi para mahasiswa, pasti akan banyak waktu luang yang kalian miliki.

Karena sudah pasti kuliah di kampus tidak akan membutuhkan waktu lebih dalam sehari. Nah dengan waktu luang tersebut, manfaatkanlah waktu itu untuk membuat usaha sampingan sehinggga dapat menambah pemasukan kecil-kecilan ke dompet anda.



Mengapa sih anda perlu membuat usaha sampingan? Jawabannya selalu sama setiap hari, yaitu untuk keperluan uang tambahan, peluang pasar yang sangat besar, dan yang terakhir adalah persiapan untuk pensiun suatu hari nanti. Karena kemungkinan besar saat pensiun jika kita tidak mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari, yang ada hanyalah pengangguran dan pengangguran. Apakah anda mau dengan kehidupan yang penuh dengan pengangguran? Tentunya tidak.

Maka dari itu mari kita mulai usaha-usaha kita dari sekarang. Tetapi apa saja sih usaha yang dapat kita mulai dengan modal kecil? Apalagi untuk mahasiswa yang hanya mendapatkan uang pas untuk kuliah. Mari kita simak kelanjutannya dibawah ini.


5 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil

1. Membuka Usaha Jasa Cuci Motor

Yang pertama ini sangatlah mudah, yaitu membuka usaha cuci motor. Usaha ini sangatlah cocok bagi anda yang mempunyai banyak waktu luang seperti mahasiswa. Selain bermodal kecil, usaha ini sangat memungkinkan akan laris, karena pada dasarnya banyak orang yang beraktivitas menggunakan motor mereka setiap harinya. Dan tentunya tidak mungkin motor itu akan bersih terus menerus, sudah pasti mereka akan mencari orang yang membuka jasa cuci motor.
Terutama jika anda tinggal di daerah lingkungan yang berdebu, akan memungkinkan usaha cucian motor itu akan menjadi laris manis.

Yah untuk menarik pengunjung, anda bisa memberikan gratis sekali dua kali untuk cucian motor mereka. Sudah pasti mereka akan kembali lagi di lain hari, dan di lain hari itu berikan harga untuk tiap cucian motor yang anda cuci. Jika hasilnya sangat bersih, sudah pasti akan banyak pengunjung berdatangan setiap harinya.

2. Membuka Toko Kecil-kecilan

Peluang usaha yang kedua adalah dengan membuka toko kecil-kecilan. Bisnis pertokoan adalah bisnis dengan jangka waktu yang sangat lama. Jadi jika pada awal-awal pembukaan toko sangatlah sepi, bersabarlah, dan lakukanlah promosi untuk meramaikan toko anda. Karena bisnis toko ini akan sangat menguntungkan jika sudah mempunyai banyak pengunjung.

Toko apa sajalah itu, baik toko makanan, minuman ataupun sembako. Jika anda tinggal di daerah yang ramai, sudah pasti akan banyak pengunjung yang datang. Apalagi jika anda tinggal di daerah pedesaan, tawarkanlah harga murah untuk pertama kali pembukaan toko. Dan lakukanlah peningkatan harga barang sedikit demi sedikit. Walaupun sedikit-demi sedikit peningkatan harga anda, lama-lama harga tersebut akan naik dan tentunya akan meningkatkan penghasilan dari toko anda tersebut. Dan peningkatan tersebut tidak akan terasa bagi pembeli di toko anda, karena anda meningkatkan harga dari sedikit demi sedikit.

Jika toko anda ramai terus, sudah pasti seterusnya akan begitu terus. Nah ini juga termasuk investasi bisnis yang menjanjikan untuk masa pensiunan anda pada suatu hari nanti. Jika tidak dimulai dari sekarang, mau mulai kapan lagi?

3. Usaha Jasa Les Privat

Yang satu ini sangat cocok nih untuk para mahasiswa. Dengan ilmu yang anda peroleh di kampus dan masa-masa sekolah anda yang dulu, dari SD, SMP dan SMA. Anda dapat menggunakannya untuk usaha jasa Les Privat. Dengan waktu anda yang luang, anda dapat menawarkan jasa Les Privat tersebut kepada siswa-siswa yang masih sekolah di SD,SMP, ataupun SMA yang memang sangat membutuhkan bimbingan belajar di rumah. Karena di sekolah saja terkadang ilmu yang diberikan oleh Bapak atau Ibu guru sangat sulit untuk dipahami.

Jika dikatakan usaha ini menguntungkan, menurut saya sangatlah menguntungkan. Karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk modal usaha. Yang anda perlukan adalah promosikanlah diri anda sebagai Pengajar Les Privat. Karena siswa yang bersekolah tidak hanya satu orang saja, melainkan banyak orang. Dan pastinya mereka membutuhkan ilmu tambahan agar tidak keteteran ketika Ujian telah tiba.

4. Membuka Usaha Kuliner

Makanan tidak akan sepi setiap harinya, karena semua manusia akan merasa lapar tiap harinya. Salah satu bisnis yang tidak kalah menguntungkan adalah dengan membuka usaha kuliner. Terutama jika anda tinggal di daerah yang dilewati banyak pengendara setiap hari, sudah pasti akan banyak dari mereka yang merasakan lapar dan dahaga saat perjalanan mereka di jalan. Jika melihat sebuah restoran, sudah pasti mereka akan mampir untuk melepas rasa lapar dan dahaga mereka.
Hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa usaha kuliner sangatlah menguntungkan. Mau usaha kuliner apapun itu, jika anda bisa membuat makanan dengan nikmat, kenapa tidak?
Manfaatkanlah skill anda tersebut dengan sebaik-baiknya, karena tidak banyak orang yang bisa membuat makanan dengan cita rasa yang nikmat.

5. Jasa Foto Copy dan Pengetikan

Yang terakhir adaah bisnis usaha jasa foto copy dan pengetikan. Usaha yang satu ini sangatlah menguntungkan jika anda tinggal di daerah sekitaran kampus. Karena banyak dari mahasiswa ataupun dosen yang membutuhkan jasa tersebut.

Modalnya pun tidak cukup banyak. Karena hanya membutuhkan mesin foto copy dan sebuah komputer. Dengan modal segitu, tentunya akan sangat menguntungkan jika anda tinggal di sekitar kampus yang ramai.

Selain lokasi yang strategis dan berada di sekitar kampus, anda memerlukan sebuah promosi untuk meramaikan usaha anda tersebut. Usaha apapun tidak akan ramai jika anda tidak membuat sebuah promosi. Hal tersebut sangatlah penting, karena dengan sebuah promosi yang menarik, pengunjung akan berdatangan satu per satu.


Itulah sekiranya 5 Peluang Bisnis Usaha yang dapat saya berikan. Dan sebenarnya masih banyak lagi peluang bisnis usaha yang menguntungkan lainnya. Demikian, artikel ini semoga bermanfaat bagi anda semuanya, dan selamat mencoba :)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama