Banyak sekali diantara orang-orang saat ini yang sangatlah suka bermain game. Baik itu game Android, Console, maupun PC. Tidak sedikit juga dari banyak orang yang ingin merekam aktivitas bermain gamenya sendiri. Terutama di era teknologi yang serba mudah ini, banyak youtuber yang sering merekam gamenya sendiri, kemudian mengupload hasil rekamannya tersebut di youtube.
Tetapi banyak orang yang tidak tahu, bagaimana sih caranya merekam aktivitas game kita sendiri? Mari kita simak kelanjutannya dibawah ini.

Cara Merekam Layar PC Tanpa Ribet

  • Dengan Menggunakan Aplikasi Bandicam
Aplikasi pertama yang dapat anda gunakan untuk merekam layar PC anda adalah Bandicam. Aplikasi Bandicam ini sangatlah mudah untuk digunakan terutama bagi anda yang sangatlah awam dalam penggunaan aplikasi perekam layar. Bandicam ini juga mampu untu merekam layar PC kita dengan kualitas sampai dengan 4K, yang tidak semua aplikasi perekam layar dapat melakukan perekaman sampai dengan kualitas tersebut. Bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak kelanjutannya dibawah ini.

1. Pertama, pastikan anda telah mendownload dan menginstal aplikasi Bandicam.
2. Kemudian buka aplikasi tersebut. Untuk merekam layar PC, anda dapat mengarahkan cursor anda ke arah gambar layar yang saya lingkari di gambar di bawah.


3. Jika anda ingin merekam layar ketika bermain game, anda dapat mengarahkan cursor anda ke icon sebuah joystick yang terletak di sebelah icon layar tersebut.
4. Untuk perekaman game sendiri anda dapat menekan tombol F12 ketika game anda sudah terbuka dan dapat ada tekan F12 lagi untuk menghentikan perekaman anda. Anda pun dapat menyesuaikannya dengan tombol lain sesuai dengan keinginan anda.
5. Setting sendiri dapat anda sesuaikan di bagian pengaturan Video.

  • Dengan Menggunakan Windows 10 Game Recorder
Siapa sangka ternyata Windows 10 sendiri mempunyai fitur rekamannya sendiri. Banyak sekali orang yang tidak tahu dengan adanya fitur perekaman Windows 10 ini. Tetapi fitur ini hanya tersedia di Windows 10 versi terbaru sekarang ini. Dan jika anda masih menggunakan Windows 10 versi lama, anda dapat mengupdatenya terlebih dahulu di Windows Updater. Caranya pun sangatlah mudah, mari simak langkah-langkah dibawah ini.

1. Pastikan anda telah menggunakan Windows 10 versi terbaru.
2. Buka terlebih dahulu game yang ingin anda rekam, dan setelah terbuka anda dapat memencet shortcut tombol windows + G dan kemudian akan muncul interface seperti gambar dibawah ini.


3. Untuk memulai perekaman anda dapat memencet tombol rekam seperti yang sudah saya lingkari pada gambar diatas.
4. Hasil perekaman sendiri akan terletak di folder Video pada PC anda.

Namun aplikasi ini mempunyai sedikit kekurangan, yaitu kita tidak dapat menyesuaikan resolusi sesuai dengan keinginan kita sendiri. Dan penggunaannya pun lumayan lebih berat dibandingkan dengan bandicam yang saya jelaskan pada aplikasi nomer 1.

  • Menggunakan VLC Media Player
Aplikasi VLC ini sudah biasa kita kenal dengan aplikasi pemutar video. Tetapi siapa sangka dengan aplikasi ini kita juga dapat merekam layar PC kita sendiri. Hanya saja dengan aplikasi ini, kita hanya dapat merekam layar PC kita dengan layar Fullscreen, dan tidak dapat kita atur seperti pada aplikasi Bandicam. Bagaimana cara penggunaannya? Mari kita simak dibawah ini.

1. Pertama, buka aplikasi VLC Media Player anda.
2. Kemudian masuklah ke menu Media > Convert / Save.
3. Pada bagian Capture Mode, ubahlah ke mode Dekstop. Lalu klik pada bagian yang saya lingkari pada gambar dibawah ini dan kemudian klik pada tombol Convert.


4. Anda dapat mengatur dimana video rekaman anda akan disimpan dengan memencet bagian browse.
5. Setelah itu klik start untuk memulai rekaman video anda, dan anda dapat menghentikannya dengan memencet icon stop di VLC anda.


Itu saja 3 aplikasi perekam layar yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama